Pesawat Fokker-27 Jatuh Menimpa Rumah Warga

Sedikitnya dua rumah di Jalan Rajawali Kompleks Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma tertimpa pesawat “Fokker 27 yang jatuh, Kamis 21 Juni 2012 sekitar pukul 14.45 WIB saat akan mendarat di Pangkalan Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta. Selain itu, delapan rumah juga ikut terbakar.

Pesawat dipiloti Mayor Penerbang Heri dan Co-Pilot Letnan Satu Paulus yang diperkirakan meninggal. Diketahui, pesawat berkapasitas 60 orang. Namun hingga kini, belum dapat dipastikan apakah ada penumpang atau korban lain selain Heri dan Paulus.

Petugas pemadam kebakaran Jakarta Timur Alwi mengatakan, saat ini 21 unit mobil pemadam sudah meluncur ke lokasi. “Sampai saat ini api masih terus berkobar,” kata Alwi kepada VIVAnews.

Dia menyebut pesawat fokker-27 jatuh sekitar pukul 14.40 WIB dan langsung menimpa dua rumah. Setelah itu terdengar ledakan yang diikuti percikan api. Api langsung merembet ke rumah yang ada di sekitar jatuhnya pesawat.

Saat ini petugas juga berusaha melakukan evakuasi terhadap korban yang kemungkinan tertimpa pesawat dan puing rumah. Namun Alwi belum dapat memastikan apakah ada korban jiwa atau tidak.

Humas Lanud Halim Kolonel Azman Yunus yang dimintai informasi membenarkan jatuhnya kecelakaan tersebut. “Betul ada pesawat kami yang jatuh di Halim,” kata dia saat dihubungi VIVAnews. Azman belum dapat memaparkan detail kecelakaan. (umi)