Astronot Wanita Pertama China Siap Mengangkasa

Liu Yang, 33 tahun, astronot wanita pertama China akan bergabung dengan dua astronot lain, Jing Haipeng dan Liu Wang, di wahana ruang angkasa Shenzhou 9. Cina mengumumkannya pada Sabtu, 16 Juni 2012.

Kantor berita Xinhua memberitakan, Shenzhou 9 akan merapat ke modul stasiun ruang angkasa Tiangong 1. Ini sebagai bagian dari upaya China membangun stasiun permanen di orbit.

“Sejak hari pertama saya diberitahu bahwa saya tidak berbeda dengan astronot-astronot pria,” kata Liu kepada stasiun televisi pemerintah CCTV, sebelum penugasan untuk dirinya diumumkan secara resmi. “Saya percaya prinsip bahwa bila Anda tekun maka Anda akan sukses.”

Liu Yang merupakan pilot veteran di Angkatan Udara China dan masuk dinas militer sejak 1997. Ia dilaporkan direkrut menjadi astronot, Mei 2010.

Misi Shenzhou 9, penerbangan berawak keempat China ke ruang angkasa sejak 2008, menurut rencana akan diluncurkan dari satu kawasan di Provinsi Gansu, China barat laut, Sabtu (16/6) pukul 18:37 waktu setempat.

Para astronot akan menggandengkan Shenzou 9 dengan Tiangong 1, yang saat ini berada di orbit Bumi, dan melakukan sejumlah eksperimen ilmiah. Tahun lalu China berhasil menyatukan wahana tak berawak dengan Tiangong 1 dengan menggunakan pengedali jarak jauh. (bbc/DOR)

Dari berbagai Sumber