Mengapa Tak Boleh Sikat gigi Setelah makan?

Banyak  orang berusaha menjaga kesehatan gigi agar tetap sehat dan terlihat cantik. Maka tak heran banyak yang memperlakukan gigi dengan sangat berhati-hati hingga rajin sekali menyikat giginya setelah selesai makan atau meminum minuman panas. Ternyata anggapan itu justru dapat merusak gigi.

Menyikat gigi dalam setengah jam setelah makan atau minum secangkir kopi bisa menyebabkan gigi Anda mengalami kerusakan parah. Setelah minum minuman bersoda atau yang mengandung asam, asamnya  menyusup ke dalam enamel gigi Anda dan lapisan di bawah enamel yang disebut dentin.

Menyikat gigi  20 menit setelah menyelesaikan makan, dapat mendorong asam lebih dalam ke lapisan gigi, yang menyebabkan korosi mereka jauh lebih cepat dari yang membusuk sendiri.

“Dengan menyikat gigi Anda benar-benar bisa mendorong asam lebih dalam ke enamel dan dentin,” kata Dr. Howard R. Gamble, Presiden Academy of General Dentistry.
Mereka menyarankan agar gosok gigi dilakukan paling tidak sejam setelah aktivitas makan dan minum. Atau jika mendesak, tunggu sampai 30 menit berlalu setelah suap terakhir.
Dan Bagi mereka yang baru saja makan makanan pedas, lebih baik menunggu satu jam untuk menyikat gigi, untuk menghindari efek negatif pada gigi.