UMBUL SIDOMUKTI

Salah satu Wisata Alam Pegunungan Indonesia terletak di Kota Semarang tepatnya di desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang yaitu kawasan wisata Umbul Sidomukti. Udara yang sejuk dengan pemandangan alam yang indah telah membuat kawasan ini ramai pengunung.

Selain itu, kawasan ini didukung dengan fasilitas outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta disediakan pula Meeting Room.

Taman renang Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, diapit jurang dikedua sisinya. Di Taman Renang Alam Umbul Sidomukti terdapat empat buah kolam bertingkat yang dapat anda pilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Airnya dingin, jernih dan menyegarkan yang merupakan ciri khas kawasan wisata ini.

Disisi kolam ditambah dengan beberapa sarana olahraga menantang keberanian. Diantaranya terdapat dua pilihan track Flying fox dengan panjang lintasan 110 meter, jarak ketinggian dan titik rendah lembah sekitar 70 meter. Flying Fox ini menyeberangi lembah, seolah-olah berpindah dari lereng bukit yang satu ke lereng bukit diseberang.

Untuk mencapai kawasan wisata Umbul Sidomukti dapat ditempuh dari arah Semarang menuju Solo. Sesampainya di POM bensin Lemah Abang si sisi kiri jalan, belok kanan menuju ke arah Badungan. Sampai di Pasar Jimbaran disisi kiri ada gang dengan jalan agak menanjak dengan bertuliskan Sidomukti. Karena jalannya lumayan sempit, bus berukuran besar tidak bisa masuk ke area ini. Kalaupun anda ingin menggunakan mini bus atau bus ukuran kecil setidaknya anda memerlukan sopir dengan kemampuan bagus untuk bisa melewati jalan ini.

Jadi bagi anda yang hobi berenang dan ingin menikmati pemandangan alam sekaligus, Umbul Sidomukti adalah salah satu pilihan tepat untuk rekreasi keluarga.