Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

Memiliki tubuh yang kurus adalah dambaan orang gemuk, sebaliknya memiliki tubuh gemuk adalah dambaan orang kurus. Karena banyak teman-teman yang sibuk kesana-kesini mencari artikel cara menambah berat badan secara alami, maka kami coba menulis artikel dibawah ini untuk membantu pembaca yang bermasalah dengan kekurangan berat badan.

Pola makan yang perlu diterapkan dalam menambah berat badan :

Pagi

Sarapan (nasi uduk, bubur ayam, nasi goreng lengkap dengan telur)

Minum 1 gelas air susu

Jam 10.00

Makan Roti/biskuit

Minum 1 gelas air susu

Siang

Makan siang lengkap (karbohidrat, protein, sayur-sayuran, buah)

Minum air mineral atau jus

Jam 16.00

Snack/pudding/buah

Minum 1 gelas susu/setup buah atau bisa juga kolak

Malam

Utamakan makan 1 jam sebelum tidur

Menu lengkap (karbohidrat, protein. Sayur-sayuran, buah)

Minum air mineral/jus

10 menit Sebelum tidur

Minum 1 gelas susu

Sedangkan perilaku yang perlu anda perhatikan saat ingin menambah berat badan yaitu :

Rumus yang harus di terapkan

Kalori masuk  > Kalori yang dikeluarkan

Itu artinya  kalori yang masuk kedalam tubuh harus lebih besar dari kalori yang dikeluarkan, ya tidak jauh berbedalah dengan yang kita terapkan pada masalah uang. Jangan sampai “lebih besar pasak dari pada tiang.”

Konsumsi Seimbang

Contoh :

Makan teratur 3 kali sehari minimal 2.000 kalori (3 piring nasi)

Komposisi makanan  seimbangnya karbohidrat > protein  > lemak

Olahraga
Jangan takut untuk kehilangan makanan dalam tubuh karena berolah raga. Dengan olahraga tubuh akan menjadi sehat. Usahakan dalam satu minggu minimal olah raga sekali. Olah raga juga membantu proses metabolisme tubuh, peredaran darah menjadi lancar sehingga tubuh dapat bekerja dengan baik.

Kunyah makanan sampai halus

Saat makanan di dalam mulut maka kunyahlah sampai halus. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kerja lambung. Apalagi makan-makanan yang sulit dicerna. Jangan biarkan lambung bekerja terlalu keras.

Istirahat yang cukup dan hindari stress

Jika tubuh diberi kesempatan untuk mencerna, yaitu dengan  istirahat yang cukup (tidak kurang dan tidak lebih) maka tubuh akan bekerja dengan baik dan metabolisme tubuh tidak terhambat.

Selain itu pikiran yang relaks karena istirahat yang cukup akan memberikan pengaruh baik dan memudahkan hormon tubuh dalam menstimulasi enzim pencernaan. Jika anda bekerja di kantor, sempatkan 10-15 menit mengistirahatkan badan anda.

Istirahat bagi orang dewasa yaitu antara 6-8 jam pada malam hari dan 1-2 jam pada siang hari.

Kurangi merokok dan begadang

Periksa kesehatan anda

Apabila cara diatas telah anda terapkan dalam keseharian namun berat badan anda tak kunjung naik, tidak ada salahnya anda periksakan kesehatan anda. Bisa saja anda mengalami gangguan pencernaan misalnya gangguan pada sistem penyerapan (absorpsi) nutrisi disaluran pencernaan sehingga sulit bagi anda untuk menambah berat badan karena makanan sulit dicerna dengan baik. Namun ada juga sebagian orang yang memang tidak bisa gemuk karena faktor genetika.

Tinggi, rendah, gemuk, kurus adalah anugerah  dari yang Maha Esa. Boleh saja kita berusaha memperindahnya tapi jangan sampai kita bertindak berlebihan sampai lupa bersyukur ya…..

Semoga bermanfaat.🙂

~ Dari berbagai sumber ~