TRIK MENGATASI LONG DISTANCE RELATIONSHIP (LDR)

LDR yang akan kami bahas kali ini bukan Loan To Deposite Ratio seperti yang dibank-bank itu lho tapi Long Distance Relationship. Duh seneng ya kalo bahas masalah cinta-cintaan gini… hehe…

Tak sedikit dari pasangan didunia yang mengalami  “Hubungan Jarak Jauh” atau dalam bahasa kerennya “Long Distance Relationship.” Tapi tak sedikit dari mereka yang gagal mempertahankan hubungan itu. Nah, tentunya anda tak mau mengalami hal tersebut bukan?

Perlu diketahui, menjaga Long Distance Relationship (LDR) lebih sulit dari menjaga hubungan jarak dekat. Saat menjalani LDR pastinya tugas kita akan semakin banyak dan harus lebih berhati-hati dalam bersikap, karena salah langkah sedikit saja maka hubungan kita dipertaruhkan.

Untuk tetap menjaga hubungan tetap harmonis, hindarilah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak pasangan LDR :

Penuh Curiga

Ini merupakan salah satu faktor yang membuat LDR anda terasa menjenuhkan atau bahkan menyebalkan bagi pasangan. Jika anda terus mengeluh dan mengintrogasinya maka si dia akan lelah menghadapi anda. Untuk itu jangan bersikap berlebihan jika ingin si dia tetap merindukan kasih sayang dari anda.

Tidak Memberi Kabar

Banyak orang yang terjebak disini karena larut dalam kesibukannya. Padahal beberapa pasangan sengaja tidak mendahului berkomunikasi karena takut mengganggu anda. Ia pun sebenarnya rindu celoteh dan canda dari anda. Jadi, meski sesibuk apapun anda, tetap luangkan waktu untuk menanyakan kabarnya. Atau sekedar menceritakan warna baju anda hari ini. Bahkan mungkin apa yang anda makan. Memang terlihat sepele, tapi dengan hal tersebut ia akan tetap merasa diperhatikan dan membuatnya membayangkan anda mengenakan baju yang anda kenakan ataupun makanan yang anda makan. Hal ini juga dapat anda jadikan penilaian apakah ia masih memperhatikan anda walaupun jarak jauh. Karena jika anda menceritakan makanan yang tidak baik untuk anda/cenderung menyebabkan alergi pasti ia akan segera menegur anda.

Menuduh Selingkuh

Ini adalah hal yang sangat menyakitkan bagi pasangan anda. Di satu sisi ia berusaha menjaga kesetiaan untuk anda namun disisi lain anda justru menunjukkan sikap tidak menghargai dan membuatnya frustasi atas sikap anda. Jangan sampai pasangan merasa pengorbanannya sia-sia karena tuduhan anda.

Selingkuh

Ini adalah hal fatal yang jangan harap pasangan akan memaafkan anda bila mengetahui hal ini. LDR memang terkadang membuat orang merasa kesepian, tapi inilah salah satu ujian yang menyebabkan tak sedikit pasangan mengalami kegagalan. Saat anda menerima orang lain dalam hidup anda sebagai pelarian itu artinya anda telah memotong pita kesetiaan anda sendiri. Jadi, jangan mengira walaupun hubungan tidak diketahui pasangan akan membuahkan hasil yang manis…

Setelah anda mengetahui kesalahan yang banyak menyebabkan LDR gagal, berikut hal wajib yang perlu anda ketahui agar hubungan LDR anda semakin baik dan tidak sia-sia :

Jaga Komunikasi sewajarnya

Atur jadwal komunikasi dengan pasangan. Seperti halnya hubungan jarak dekat, LDR juga membutuhkan waktu berkomunikasi dengan pasangan. Misalkan dengan hal-hal sepele tanyakan apakah ia sudah melaksanakan sholat? Atau bagaimana pekerjaannya hari ini? Dengarkan keluh kesahnya atau mungkin sekedar mendengar ceritanya hari ini. Biasakan pula untuk membangunkannya di pagi hari dan mengucapkan selamat tidur untuknya di malam hari. Pasangan akan merasa senang jika ia di perhatikan. Namun jaga komunikasi sewajarnya agar tidak membosankan.

Atur Kesepakatan

Karena menjalani LDR mungkin ada beberapa hal yang tak bisa dilakukan bersama-sama seperti hubungan jarak dekat. Atur kesepakatan bersama pasangan seperti, memberitahu saat akan keluar kota, membuat kesepakatan jam pulang malam atau mungkin membuat rencana kegiatan bersama saat pulang nanti. Tapi lakukan sewajarnya jangan terlalu protektif karna pasangan pun akan merasa jenuh jika kita terlalu mengaturnya.

Lakukan Kegiatan Bersama-sama

Seperti halnya saat anda dekat dengannya tentu anda tahu kebiasaannya bukan? Misal menonton tv, membaca komik, bernyanyi bersama. Selain mengasyikkan hal itu juga akan menambah topik pembicaraan anda dengannya.

Atur Jadwal Bertemu

Walaupun sudah menjadi kesepakatan bersama untuk menjalani LDR, namun anda juga harus berusaha meluangkan waktu untuk melakukan pertemuan rutin sesuai kesepakatan. Hal ini sering di abaikan oleh beberapa pasangan. Padahal hai ini merupakan salah satu titik ukur terhadap hubungan anda. Apakah ia benar-benar bisa menjaga komitmennya, bagaimana sikapnya sewaktu bertemu kita dari waktu ke waktu bahkan dari sini juga dapat mengetahui apakah ia benar-benar dalam keadaan baik-baik saja. Karena tak sedikit dari pasangan LDR selalu mengatakan “aku sehat dan baik-baik saja sayang…” dalam komunikasinya. Padahal sebenarnya ia sakit dan hanya menenangkan pasangannya agar tak khawatir. Hal inilah yang harus anda pertimbangkan agar tetap memberi perhatian walaupun menjalani LDR.

Saling Menjaga Kepercayaan

Dalam LDR bukan hanya anda yang membutuhkan kepercayaan, namun ia pun juga sangat membutuhkan hal itu dari anda. Selain itu sifat dapat dipercaya juga menjadi salah satu kunci keutuhan hubungan LDR. Ingatlah ada yang menunggu anda disana…

Saling Jujur

Anda dan pasangan harus saling jujur dalam setiap waktu. Misal ada yang sedang mendekati anda anda pun harus menceritakannya pada pasangan agar tidak ada kesalahpahaman antara kalian. Namun jangan sampai cerita anda berlebihan yang membuat pasangan dilanda curiga dan cemburu. Kejujuran yang anda ceritakan hanya untuk menunjukkan bahwa anda sangat menghargainya dan bersikap terbuka serta jujur padanya.

Saling Memberi Kejutan

Setelah tiba waktunya bertemu tidak ada salahnya anda memberikan kejutan untuk sekedar menyenangkan hati pasangan dan kembali me-refresh binar-binar cinta dengan pasangan. Biar bagaimanapun pasangan juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari kita. Jangan sampai si dia merasa tak lagi di perhatikan atau bahasa gaulnya dicuekin.

Tetapkan Tujuan dan Komitmen

Saat anda menjalani LDR tentu anda mempunyai tujuan khusus yang ingin anda capai nantinya. Tak mungkin anda akan mengalami LDR selamanya bukan? Nah tentukan komitmen anda sedari dini, misal anda ingin kembali 2 tahun lagi atau anda ingin ia kembali setelah tujuannya tercapai. Ingat, beri gambaran kedepan agar komitmen anda tidak menggantung dan membuat anda maupun si dia lebih bersemangat.

Nah, demikian sedikit tips mengatasi Long Distance Relationship dari kami. Semoga Allah cepat menyatukan kalian kembali apapun halangannya… Aamiin…

Semoga bermanfaat…🙂