Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Tak sedikit dari kita yang bermasalah dengan jerawat bahkan tak jarang pula yang menjalani perawatan dan merogoh kocek dalam jumlah besar untuk mengatasi sikecil menyebalkan itu.

Tak perlu khawatir, jerawat adalah hal yang wajar bagi setiap manusia. Bahkan Albert Montgomery Kligman seorang peneliti kelahiran Phildelphia berpendendapat “Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.”

Namun walaupun begitu kita tetap tidak boleh menganggap enteng masalah jerawat tersebut. Jerawatpun tidak akan muncul apabila kita memperlakukan kulit wajah dengan baik dan mengurangi konsumsi makanan yang memicu timbulnya jerawat.

Jenis makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat, antara lain :

  • Makanan berkadar gula tinggi

Howard Murad, seorang professor dari UCLA School of Medicine menatakan “Terlalu banyak mengkonsumsi banyak gula dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah, dimana hal tersebut memicu produksi hormone androgen yang membuat kulit menjadi berminyak.”

Walaupun hampir semua makanan mengandung gula, namun jenis buah-buahan yang dimakan mentah jenis gula yang dikandungnya adalah jenis gula kompleks berupa serat dan karbohidrat sehingga tidak terlalu meningkatkan kadar gula darah. Yang menyebabkan kadar gula tinggi adalah gula yang telah melewati proses olahan seperti permen, coklat, dan gula pasir, roti-rotian.

  • Susu

Kandungan hormon dan molekul bioaktif  yang terkandung dalam susu diduga menjadi penyebab mengapa susu dapat memparah jerawat. Bahkan ada beberapa orang yang mengalami peradangan jerawat akibat respon alergi terhadap protein susu.

  • Kafein

Salah satu efek kafein adalah merangsang kelenjar adrenalin, sehingga bisa meningkatkan kadar stress yang merupakan salah satu pemicu jerawat.  Kopi adalah salah satu jenis makanan berkafein tinggi.

Jerawat tidak hanya di picu oleh jenis makanan tertentu, namun jerawat juga dapat disebabkan karena beberapa faktor yaitu :

  • Produksi minyak berlebihan yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit
  • Sel-sel kulit mati

Jerawat juga timbul karena kelenjar minyak yang berlebih bercampur dengan sel kulit mati. Apabila campuran antara sel kulit mati dan kelenjar minyak sudah menjadi tebal dan lengket akan menimbulkan penyumbatan yang menjadi bintik hitam atau terkadang juga putih. Selain pada wajah,  jerawat juga bisa menyerang anggota tubuh lain seperti punggung, dada dan lengan atas.

  • Kosmetik

Penyumbatan pori-pori juga dapat disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Oleh karena itu setiap menggunakan kosmetik rjajin-rajinlah membersihkannya agar pori-pori tidak tersumbat dan kulit wajah dapat bernapas dengan baik.

Tips menghindari jerawat :

  • Rajin-rajinlah mencuci muka secara teratur. Bagi wanita yang sedang menstruasi dan tidak berwudlu tetaplah luangkan waktu untuk mencuci muka setiap merasa wajah kotor.
  • Jangan memegang wajah dengan tangan karena tangan sangatlah berpotensi terhadap kuman. Hampir seluruh aktfitas sehari-hari dilakukan dengan tangan.
  • Bagi yang menggunakan kosmetik dalam lingkup kerja, bersihkan kosmetik setiap pulang kerja.
  • Lakukan facial secara teratur. Bisa satu bulan sekali atau maksimal tiga bulan sekali untuk mempersihkan sisa-sisa kotoran yang tidak bisa dijangkau dengan pembersih biasa.
  • Gunakan cream pelindung wajah dengan dosis ringan.
  • Sering mengkonsumsi sayuran
  • Perbanyak minum air putih.

Dan bagi anda yang sedang dilanda jerawat, maka anda bisa menerapkan tips berikut :

  • Jangan gunakan facial wash yang mengandung scrub, karena butiran scrubnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang berjerawat.
  • Beri endapan kentang yang telah diparut dan direndam.
  • Jangan memencet jerawat jika belum benar-benar matang. (Akan lebih baik jika anda membarkannya sampai keluar dengan sendirinya).