Manfaat dan Kerugian Mengunyah Permen Karet

Sewaktu kecil tentunya banyak diantara kita yang dilarang makan permen karet karena takut tertelan. Namun bagi yang sudah bisa mengunyahnya dengan baik, tidak ada salahnya mulai meluangkan waktu beberapa menit sambil mengunyah permen karet. Karena setelah dilakukan penelitian, permen karet banyak manfaatnya lho… Nah, berikut uraian singkat mengenai manfaat dan kerugian permen karet.

ü   Manfaat Terhadap Gigi

Sering mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan rongga mului dan gigi sehingga mengurangi resiko terbentuknya plak-plak gigi.

Permen karet  sangat efektif untuk menetralisir bau mulut. Apalagi bagi yang suka mengkonsumsi makanan beraroma keras seperti bawang merah dan bawang putih. Selain itu permen karet juga dapat menyegarkan mulut.

Dengan mengunyah permen karet secara teratur anda akan mendapatkangigi putih dan rahang yang kuat, serta menghilangkan kotoran yang melekat pada gigi.

ü   Manfaat terhadap otak

  • Mengunyah akan merangsang sinyal dibagian otak tengah
  • Permen karet dapat menambah kekuatan konsentrasi

Percaya atau tidak ternyata dengan mengunyah permen karet kita bisa menjad lebih konsentrasi dalam belajar maupun mengerjakan tugas saat bekerja. Hal itu disebabkan karena ketika mengunyah permen karet rongga mulut melakukan gerakan menggigit berulang-ulang yang kemudian memperlancar aliran darah. Darah inilah yang membawa asupan oksigen ke otak dan menjadikan kita lebih berkonsentrasi.

Berdasarkan penelitian bersama University of Northumbria dan Cognitive Research Unit di Inggris membuktikan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan daya ingat. Hal tersebut didasarkan pada dua teori. Pertama, bahwa mengunyah akan meningkatkan detak jantung dan menyebabkan lebih banyak oksigen (O2) dan nutria yang dipompa ke otak. Kedua, mengunyah akan meningkatkan produksi insulin, merangsang bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat.

ü   Menurunkan berat badan

Mengunyah permen karet dapat menbantu membakar kalori, terutama jika ang dipilih adalah permen karet yang bebas gula. Selain itu dengan mengunyah permen karet dapat mengontrol rasa lapar sehingga sangat baik bagi yang sedang melakukan diet.

ü   Mengurangi stress dan membantu melepas tensi

Saat mengunyah permen karet otot menjadi tidak tegang dan melepaskan tensi serta membantu anda merasa nyaman dari kondisi stress.

ü   Baik untuk pencernaan (Meningkatkan motilitas usus)

Ketika mengunyah permen karet, anda akan mengeluarkan banyak liur dan membuat kita sering menelan. Air liur yang turun kedalam perut akan mencegah terjadinya asam lambung.

ü  Mengencangkan kulit wajah

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu para wanita. Hasil penelitian seorang ahli dari Amerika, mengunyah permen karet setiap hari selama 15menit dapat bermanfaat bagi kecantikan. Saat mengunyah, otot-otot wajah kita bergerak hal ini dapat mengencangkan kulit wajah sehingga memperlambat keriput diwajah.

Manfaat diatas dapat kita peroleh jika kita mengkonsumsi permen karet dalam jumlah dan jenis yang benar. Karena bila salah pilih dan tidak beraturan maka kerugian yang kita dapat antara lain :

  • Merusak Gigi

Pada waktu mengunyah permen karet, gula tinggal didalam rongga mulut dalam waktu lama, maka bakteri dalam rongga mulut akan merubah gula menjadi asam yang mengurai kalsium gigi (email gigi) sehingga merusak email gigi.

  • Merusak tambalan gigi

Hasil riset di Swiss menunjukan, sering mengunyah permen karet dapat merusak bahan tambalan gigi. Karena mengunyah permen karet dapat mengurai senyawa air raksa. Selain berakibat tambalan gigi rusak ternyata penguraian air raksa juga dapat meningkatkan jumlah kandungan air raksa dalam darah dan air kemih. Kelebihan air raksa tersebut dapat berpengaruh pada otak, susunan syaraf pusat dan ginjal. Bagi anak-anak, terlalu sering mengunyah permen karet dalam waktu lama akan menjadikan kebiasaan menggertakan gigi dan tidak jarang terbawa saat tidur karena oto-otot mulut dalam keadaan tegang sehingga mengganggu kualitas tidur mereka.

  • Bagi para remaja, terlalu sering mengunyah permen karet dapat beresiko memiliki bentuk wajah segiempat karena otot-otot wajah terlalu tertatih sehingga pertumbuhannya sangat cepat.

Tips mengonsumsi permen karet dengan baik

  • Sebaiknya bagi seseorang yang menggunakan tambalan gigi dengan bahan air raksa tidak mengonsunsi permen karet jika ingin tambalan giginya tidak rusak.
  • Para ahli menyarankan agar anak-anak tidak mengunyah permen karet lebih dari 3-4 kali sehari dan tidak melampaui 10-15 menit.
  • Pilihlah permen karet yang mengandung xylitol dibanding pemanis lain. Karena xylitolmemiliki rasa dan nilai gizi yang sama dengan gula namun tidak dapat difermentasi menjadi asam sehingga aman untuk gigi. Meskipun untuk mendapatkannya kita harus membayar sedikit mahal namun pertimbangkan keuntungannya. Selain menjaga mulut dan gigi tetap sampai tua, ternyata sejumlah peneliti menyebutkan, xylitol mampu menghambat laju osteoporosis, mencegah sakit telinga pada anak-anak dan meningkatkan kekebalan tubuh. Maka, tidak heran jika dalam setiap penerbangan penumpang selalu diberi permen karet untuk melindungi telinga dari kebisingan mesin pesawat.
  • Konsumsilah permen karet secara beraturan, bisa dilakukan setelah ngemil untuk membersihkan sisa makanan. Biasakan tidak mengonsumsi lebih dari 3x sehari dan tidak mengunyahnya lebih dari 15 menit.