Stop Meniup Makanan Atau Minuman Panas!

 

Seperti yang telah di sunahkan oleh Rasulullah SAW :

“Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya.” (HR At turmudzi).

Setelah di telaah secara ilmiah ternyata memang bukan tanpa alasan kita dilarang meniup makanan atau minuman panas yang akan kita konsumsi.

Pada saat bernapas kita menghirup oksigen (O2) dan mengeluarkan karbondioksida (CO2). Sedangkan makanan/minuman panas akan mengeluarkan uap air (H2O). Otomatis jika kita meniup makanan/minuman panas, maka reaksi yang terjadi adalah :

CO2 + H2O = H2CO3

H2CO3 merupakan Carbonic Acid (senyawa asam karbonat) yang berguna untuk mengatur pH (tingkat keasaman) di dalam darah. Darah sendiri merupakan Buffer (larutan yang dapat mempertahankan pH) dengan asam lemahnya berupa H2CO3 dan basa kunjungsinya berupa HCO3.

Singkatnya tubuh menggunakan penyangga pH (buffer) dalam darah sebagai pelindung terhadap perubahan yang terjadi secara tiba-tiba dalam pH darah. Jika kita meniup makanan/minuman yang masih panas itu artinya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung H2CO3 (asam karbonat) yang mempengaruhi tingkat keasaman dalam darah menjadi lebih asam dari seharusnya sehingga pH dalam darah menurun. Keadaan ini disebut dengan istilah asidosis.

Efek dari hal tersebut adalah pernafasan menjadi lebih dalam dan lebih cepat karena tubuh berusaha menurunkan kelebihan asam dalam darah dengan cara menurunkan karbondioksida. Sudah pasti saat kita bernapas menjadi terengah-engah. Selain itu ginjal juga berusaha keras menetralkan keadaan tersebut dengan cara mengeluarkan lebih banyak asam dalam air kemih.

Namun apabila tubuh terus-menerus mengkonsumsi H2CO3 dalam jumlah berlebih, maka ginjal pun tak akan sanggup bekerja lagi sehingga akan terjadi asidosis berat. Bila hal itu terus berlanjut maka penderita akan merasakan kelelahan luar biasa, rasa mengantuk, sering mual dan mengalami kebingungan. Bila asidosis tidak tertangani dengan baik maka tekanan darah akan menurun, syok, koma bahkan menyebabkan kematian.

Tunggulah makanan/minuman hangat dengan sendirinya atau khusus untuk jenis minuman anda bisa mengaduk-aduknya perlahan untuk mempercepat proses pendinginan.

Selain meniup makanan dan minuman panas, gunakan pula cara minum seteguk demi seteguk dan hindari bernapas didalam gelas karena kejadiaannya akan sama dengan diatas.

Mari jaga tubuh kita.