DORAEMON

 

 

Siapa yang tak kenal Doraemon, sosok menggemaskan yang memiliki kantong ajaib tempat menyimpan alat-alat canggih di perutnya? Yupz, memang tak heran cerita robot kucing ajaib gubahan Fujiko Fujio ini menjadi  idola anak-anak dan remaja karena kisahnya yang tak pernah membosankan.

Arti Nama Doraemon

Nama Doraemon berasal dari dua patah kata yaitu “Dora” yang merupakan plesetan dari “Nora” yang berasal dari “Nora-Neko” artinya kucing liar, dan “Emon” semacam kata tambahan tradisoonal untuk nama manusia atau binatang berjenis kelamin laki-laki.

Jadi secara harafiah Doraemon dapat di artikan kucing jantan liar. Namun Dora juga memiliki arti lain yaitu “gong” (plesetan bentuk bundar-bundar), nah nama inilah yang dipakai dalam kue dorayaki.
Waktu dan Kode Produksi Doraemon.

3 September 2112 adalah tanggal di mana Doraemon selesai diproduksi di Pabrik Matsushiba. Doraemon memiliki kode produksi juga lho, yakni MS-903. Ini adalah nama asli Doraemon sebagai robot, & dengan nama inilah ia dipanggil oleh sang pemilik pabrik robot di mana ia diproduksi.Nama ini disebutkan dalam episode ulang tahun Doraemon tahun 2007.
Mantan pacar Doraemon di abad 22
Noramyako. Ia disebutkan di Bonus Data-Data Doraemon di Tankoubon volume 11. Noramyako memutuskan Doraemon gara2 Doraemon dirasa terlalu pendek untuknya (setelah kupingnya putus digigit tikus).

Pacar Doraemon
Pacar Doraemon adalah kucing asli yang sangat cantik bernama Mii-chan.
Warna Asli Doraemon

Warna cat asli Doraemon adalah kuning. Setelah tahu bahwa telinganya digigit tikus, ia dalam depresi, menyelinap ke atas menara, di mana ia minum ramuan berlabel “kesedihan”. Ketika ia menangis, warna kuningnya luntur & suaranya berubah karena ramuan tsb.
Mengenai Dorami, saudara Doraemon

Dorami dan Doraemon dilahirkan dari satu tangki minyak yang sama. “Doraemon” lahir 2 tahun lebih dahulu dari Dorami, sehingga ia disebut “kakak”, kemudian Dorami juga disewa oleh keluarga Sewashi setelah Doraemon, sehingga ia disebut “adik.” Nmun, menurut data kemampuan Doramilebih hebat dari Doraemon karena Dorami mampu menghasilkan energi sebesar 10000 tenaga kuda, sedangkan Doraemon hanya menghasilkan 129,3 tenaga kuda.

Asal Mula Munculnya Doraemon dan Dorami Dalam Kehidupan Nobita

Doraemon dan Dorami sebenarnya tidak langsung muncul dalam keluarga Nobita, namun dari keluarga cicit-cicitnya Nobita di abad 22 yakni Sewashi. Dorami dibeli untuk menggantikan Doraemon, yang dikirim untuk menemani Nobita. Yang memiliki dan mengirim Doraemon dan Dorami adalah Sewashi. Dorami biasanya dikirim untuk menggantikan tugas Doraemon menjaga Nobita apabila Doraemon sedang dalam urusan penting sehingga ia tidak bisa menemani Nobita, misalnya saat ia harus di-tune up di pabrik.

Angka Unik Doraemon

Tinggi badan 129,3 cm

Berat badan 129,3 kg (logikanya kalau nobhita tertimpa doraemon pasti pingsan)

Kecepatan berlari 129,3 km/jam

Kemampuan Melompat 129,3 cm

Kekuatan maksimum 129,3 bhp

Lingkar kepala dan dada 129,3 cm

Lingkar pergelangan tangan 129,3 mm

Diameter kaki 129,3 mm

Tanggal selesai produksi 3 September 2112 (12/9/3)

 Kenapa Doraemon Takut Sama Tikus ?

Doraemon takut sama tikus karena trauma sebab kuping robotnya digigit robot tikus juga saat ia tidur siang…

Sekolah Doraemon
Menurut serial spin-off dari Doraemon “The Doraemons”, nama sekolah Doraemon sederhana saja, yakni Robot School. Namun, prestasi Doraemon disekolah robot  kurang baik dan selama selama acara presentasi akhir, ia tampil buruk & tidak ada yg mau mempekerjakan dia…  sampai bayi Sewaishi (cicitnya Nobita) menekan tombol untuk mengambilnya. Orangtuanya sedikit enggan, tapi karena Sewashi menyukainya, mereka menyewa Doraemon, & dia merawatnya sampai Sewaishi sendiri mengirimnya ke masa lalu untuk mengurus Nobita (& di sinilah petualangan tokoh favorit kita bersama Nobita ini dimulai…)

Berapa jumlah alat di kantong doraemon sampai saat ini?

Kurang lebih 4500 alat (dōgu) telah dikeluarkan dari kantong doraemon mulai dari episode pertama sampai saat ini, termasuk ygpaling populer adalah Doko Demo Doa (Pintu Ke mana saja), Take-copter (Baling2 Bambu), Kuukihou (Meriam Senapan Angin) & Time Machine (Mesin Waktu)

Bagaimana cara menyalakan & memadamkan Doraemon?

Tombol turn on/off Doraemon adalah sebuah switch berbentuk bola kecil bulat yg menjadi ekornya

Tangan Doraemon bulat begitu, kok bisa memegang barang?

Tangan Doraemon memiliki kekuatan adhesive & daya vacuum ygluar biasa sehingga benda apa pun dapat menempel di tangannya [di ambil dari Doraemon no Himitsu, di Doraemon volume 11] Teknologi yg digunakan pada tangannya ini mirip dengan gaya gravitasi bumi dalam skala mini.

Siapa Perancang Doraemon?

Nah… sekarang mari kita meneliti pertanyaan yang menarik: siapakah pembuat Doraemon dan Dorami yang sebenarnya?

Yang menjadi penyebab konflik adalah beredarnya “ending” Doraemon yang menyatakan bahwa Doraemon mengalami malfungsi, di mana Nobita terpacu untuk belajar keras, menikah dengan Shizuka, dan akhirnya menjadi ilmuwan handal. Di versi ending ini, pencipta Doraemon tidak lain dan tidak bukan adalah Nobita. Ini adalah ending yang “sangat masuk akal” dan “melengkapi lingkaran cincin epos dan mitos antara persahabatan Doraemon dan Nobita, sebuah hubungan persaudaraan yang sudah melebihi ikatan antara manusia dan robot, bahkan melebihi saudara kandung”

Tapi sayangnya… faktanya Doraemon tidak pernah, atau belum memiliki ending.

Cerita “ending” di mana Nobita menciptakan Doraemon di atas hanyalah sekedar “doujinshi” (semacam manga berjenis fanfiction alias tidak diterbitkan oleh sang pembuat aslinya) yang konsep awalnya dikembangkan oleh Nobuo Sato kemudian diterbitkan oleh Tajima T Yasue pada tahun 2005

Nahhh… lalu, betulkah sang pencipta Doraemon dan Dorami tidak pernah muncul di film?

Jawabannya: pernah. Dan ia hanya dijuluki sebagai “The Scientist” (sang ilmuwan) sehingga menjadikannya tokoh yang “memiliki kesempatan terbuka dalam penceritaan, akan siapa sebenarnya jati diri sesungguhnya” Jadi, yang pasti kemungkinan itu adalah Nobita sangat kecil, karena Doraemon diciptakan di masa Sewashi (cicit-cicit-cicittttnya Nobita) di mana Nobita pasti sudah almarhum

Kue dorayaki itu apa sih?

Kue berbentuk “dora” (gong) ini sesungguhnya adalah salah satu cemilan khas Jepang yang sudah terkenal bahkan sebelum Doraemon ada. Dorayaki dibuat dari setangkup (2 buah) patty yang dibuat dari mastella, dan diisi dengan pasta kacang merah…yum…

Dorayaki di beberapa daerah seperti Nara disebut juga Mikasa yang bisa diartikan sebagai “tiga topi jerami” atau nama lain dari Gunung Wasakusa. Karena orang yang menikmati pemandangan gunung tsb biasanya sambil makan roti ini, maka roti ini disebut roti Mikasa.
Di Indonesia, Dorayaki biasanya isinya digantikan dengan coklat atau keju coklat, meski tak sedikit toko kue yang mengisinya dengan kacang+coklat.