Tempat Menyelam Terindah di Indonesia

I N D O N E S I A… Ya, sebuah  negara yang terdiri dari beribu-ribu kepalauan yang terkenal keindahannya sampai penjuru dunia baik darat maupun lautnya. Namun, dunia bawah laut adalah salah satu tempat wisata pilihan yang tak pernah  habis di ulas keindahannya. Berikut, adalah 10 Keindahan bawah laut terindah di Indonesia menurut survei beberapa diver.

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo telah ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional. Terkenal dengan  spesies kadal terbesar didunia yaitu Komodo. Selain itu Pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara ini juga memiliki lokasi diving yang sangat indah. Bahkan menurut menurut survei beberapa diver  yang telah berkunjung, Pulau Komodo memiliki keindahan bawah Laut yang terbaik di Indonesia. “Paradise Underwater” begitulah  julukan untuk keindahan bawah  laut Pulau Komodo. Didalamnya terdapat terumbu karang dengan warna-warna mempesona, ikan pelagis yang melimpah dan tentunya banyak keanekaragaman hayati lain yang membuat Pulau ini terlihat begitu menakjukan.

2. Bunaken

Pulau yang  terletak di Manado, Sulawesi Utara ini adalah kawasan taman laut Nasional yang memiliki keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia dan terletak di Segitiga Terumbu karang.  Sebenarnya di sekitar Pulau Bunaken terdapat 20 titik selam, namun hanya 12 titik yang paling sering dikunjungi oleh para diver. Di wilayah ini terdapat Underwater Great Walls atau disebut juga Hanging Walls yaitu dinding karang raksasa yang berdiri vertikal melengkung ke atas yang merupakan sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

3. Wakatobi

Surga laut yang wajib di kunjungi bagi para pecinta diver. Lokasi bawah laut yang terletak di Sulawesi Tenggara ini merupakan wisata laut terindah berikutnya di Indonesia. Taman Nasional ini terdiri dari 750 spesies koral dan 850 spesies biota laut yang ada didunia. Nama Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari empat pulau besar indah yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

4. Tulamben

Nama Tulamben berasal dari batulambih, yang berarti “banyak batu”, merujuk pada letusan Gunung Agung yang mempengaruhi tempat ini dari waktu ke waktu. Nama ini berubah menjadi Batulamben, dan akhirnya Tulamben. Sulit dipercaya hanya 40 meter dari pantai Teluk Tulamben terdapat salah satu tempat yang terbaik dan teraman untuk menyelam di dunia. Rongsokan US Liberty sisa-sisa perang Dunia II mungkin menjadi tempat menyelam yang paling disukai di seluruh Bali. Tak hanya letak mereka yang hanya 120 meter dari pantai tapi juga kawanan kehidupan laut yang jinak dan aneh ada disini. Dengan pemandu yang berpengalaman anda akan bisa menemukan binatang kecil dengan kamuflase yang biasanya sering anda lewatkan.

5. Raja Ampat

Raja Ampat atau biasa disebut mutiara yang terpendan terletak di propinsi Papua Barat ini menjadi salah satu lokasi menyelam terindah di dunia dengan keanekaragaman hayati terlengkap di dunia. Raja Ampat terdiri dari 1.500 pulau yang tersebar di laut barat papua. Terdapat sekitar 1.500 spesies ikan, 700 jenis moluska, 500 lebih jenis karang dengan luas wilayah 4,6juta hektar.  Menurut The Nature Conservancy an Conservation International terdapat 75% spesies laut dunia

ada di pulau ini.

6. Kepulauan Karimunjawa

Terletak di Pulau jawa dan masuk wilayah Kabupaten Jepara.Sejak tanggal  15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan sebagai Taman Nasional. Karimunjawa merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai serta hampir 400 spesies fauna laut yang diantara 242 jenisnya adalah ikan hias.  Tumbuhan  yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa adalah dewadaru yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah. Ombak disini tergolong rendah dan jinak, dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus.

7. Selat Lembeh

Merupakan selat yang memisahkan daratan utama Pulau Sulawesi dan Pulau Lembeh. Perairan yang termasuk dalam wilayah kecamatan Bitung Selatan, kotamadya Bitung, kecamatan Sulawesi Utara  ini memiliki keanekaragaman  hayati laut yang ssangat tinggi terutama dari kelompok echinodermata dan menjadi salah satu pilihan objek wisata selam di Indonesia.  Maka tak heran bila Selat Lembeh selalu mengundang decak kagum para penyelamnya dan membuat Anda betah berlama-lama disini.

8. Pulau Bangka (Sulawesi)

Pulau yang terletak di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung ini juga merupakan tempat menyelam terindah di Indonesia berikutnya. Keindahan dan kekayaan lautnya yang memukau berhasil menyedot perhatian para penyelam Indonesia bahkan dunia. Apalagi setelah nama Pulau Bangka terkenal melalui sebuah film berjudul “Laskar pelangi” berbondong-bondong diver mengunjungi Pulau yang memiliki 25 lokasi penyelaman ini untuk melihat biota bawah lautnya yang yang menakjubkan antara lain terumbu karang, redtooth tiggerish, kakap biru bergaris, frogfish dan masih banyak lagi.

9. Laut Banda

Terletak di antara Pulau Neira, pulau Gunung Api, Pulai Ai, Pulau Sjahrir dan Pulau Hatta tepatnya di Kabupaten Maluku Tengah, Propinsi Maluku Tengah. Panorama Taman Laut ini tak perlu diragukan lagi keindahannya. Taman laut Banda pernah di gelar Ivent Diving Internasional tahun 1991 dan 1995 dan masih terdapat ikan Napoleon yang kini termasuk ikan paling langka di dunia, Mandarin Fish yang terkenal karena keindahan sisiknya masih dapat kita jumpai dengan mudah di Laut Banda. Terumbu karangnya pun tak kalah menarik di banding lokasi bawah air lainnya. Hal tersebut sekaligus menandakan bahwa kualitas air di Laut Banda masih baik sekali.

10. Alor

Alor adalah sebuah pulau kecil di bagian timur Nusa Tenggara. Terdapat 26 titik Lokasi menyelam terindah berkelas dunia. Penyelam akan dimanjakan dengan panorama indah bawah laut yang sangat menakjubkan. Disini dapat kita Jumpai Hiu karang abu-abu, ikan barakuda, berbagai jenis gurita, beragam jenis karang, dan masih banyak lagi yang pastinya membuat anda kagum.